UMKM atau Usaha Mikro Kecil Menengah merupakan usaha produktif yang dikelola oleh perorangan atau kelompok kecil. Usaha ini biasanya memiliki sekala lebih kecil dibandingkan dengan perusahaan besar. Namun demikian UMKM memiliki peran yang tidak kalah penting dalam perekonomian suatu daerah atau bahkan negar.
baca artikel lain : Pengertian dan peran UMKM
Dengan itu, pengelolaan keuangan UMKM sangatlah penting untuk menjamin keberlangsungan usaha.
Berikut beberapa tips mengelola transaksi keuangan UMKM yang baik :
- Merencanakan dan membuatan anggaran,
- Catat segala transaksi yang terjadi setiap harinya, baik itu transaksi penjualan maupun pengeluaran. dapat dicatat secara manual menggunakan buku. namun lebih disarankan menggukan aplikasi pengolah anggka seperti excell atau spreadsheet hal ini lebih disarankan kerena dapat meminimalisir terjadinya kehilangan data dan juga salah perhitungan. dalam kegiatan mencatat ini dapat membantu menganalisis kemana saja uang anda pergi.
- Buat laporan keuangan segara berkala, laporan keuangan ini berguna untuk memantau kondisi keuangan usaha agar selanjutnya dapat digunakan untuk pengambilan keputusan.
- Kelola utang bisnis, dalam hal ini hindari hutang yang berlebihan, jika ingin mengambil hutang pastikan kondisi keuangan safe (aman) dalam artian dapat membayar kewajiban hutang yang diambil dengan tepat waktu.
- Pisahkan keuangan pribadi dan keuangan usaha.
- Dari laporan yang dibuat dapat digunakan sebagai acuan evaluasi kinerja usaha.
- Selain itu Pelaku UMKM juga harus mencari informasi mengenai perkembangan terbaru dalam pengelolaan keuangan UMKM.
jika anda merasa kurang memahami menganai pengeloalan keuangan ini lakukan konsultasi dengan tenaga ahli keuangan. Jangan sungkan untuk berkonsultasi di damirich.id , GRATIS bagi anda yang menginginkan solusi praktis tanpa ribet. Yuk langsung saja klik link yang sudah disediakan.
Klik tautan di bawah ini!
Situs resmi
Tautan resmi