Tips Mengelola Keuangan Pelaku Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM)

Apasih UMKM itu ?

UMKM atau Usaha Mikro Kecil Menengah merupakan usaha produktif yang dikelola oleh perorangan atau kelompok kecil. Usaha ini biasanya memiliki sekala lebih kecil dibandingkan dengan perusahaan besar. Namun demikian UMKM memiliki peran yang tidak kalah penting dalam perekonomian suatu daerah atau bahkan negar.

Baca juga artikel lain : Pajak terutang orang pribadi

Apasih pengelolaan keuangan UMKM itu ?

Pengelolaan keuangan UMKM adalah serangkaian aktivitas yang dilakukan untuk merencanakan, mengorganisasi, mengendalikan, dan mengevaluasi keuangan suatu usaha kecil menengah. Tujuannya adalah untuk memastikan bahwa usaha tetap sehat secara finansial, mampu membayar semua kewajiban, dan tumbuh secara berkelanjutan.

Mengapa keuangan UMKM harus dikelola ?

  1. Membuat Keputusan Bisnis yang Tepat: Dengan data keuangan yang akurat, pengusaha dapat membuat keputusan yang lebih baik, seperti menentukan harga jual, memilih pemasok, atau melakukan ekspansi.
  2. Mencegah Kegagalan Usaha: Pengelolaan keuangan yang baik membantu mencegah terjadinya kerugian finansial yang dapat menyebabkan penutupan usaha.
  3. Menaikkan Profitabilitas: Dengan mengelola biaya secara efektif dan meningkatkan pendapatan, pengusaha dapat meningkatkan profitabilitas usaha.
  4. Mendapatkan Akses ke Dana: Bank dan investor lebih cenderung memberikan pinjaman atau investasi kepada UMKM yang memiliki catatan keuangan yang baik.

Dengan itu, pengelolaan keuangan UMKM sangatlah penting untuk menjamin keberlangsungan usaha.

Berikut beberapa tips mengelola transaksi keuangan UMKM yang baik :

  1. Merencanakan dan membuatan anggaran,
  2. Catat segala transaksi yang terjadi setiap harinya, baik itu transaksi penjualan maupun pengeluaran. dapat dicatat secara manual menggunakan  buku. namun lebih disarankan menggukan aplikasi pengolah anggka seperti excell atau spreadsheet hal ini lebih disarankan kerena dapat meminimalisir terjadinya kehilangan data dan juga salah perhitungan. dalam kegiatan mencatat ini dapat membantu menganalisis kemana saja uang anda pergi.
  3. Buat laporan keuangan segara berkala, laporan keuangan ini berguna untuk memantau kondisi keuangan usaha agar selanjutnya dapat digunakan untuk pengambilan keputusan.
  4. Kelola utang bisnis, dalam hal ini hindari hutang yang berlebihan, jika ingin mengambil hutang pastikan kondisi keuangan safe (aman) dalam artian dapat membayar kewajiban hutang yang diambil dengan tepat waktu.
  5. Pisahkan keuangan pribadi dan keuangan usaha.
  6. Dari laporan yang dibuat dapat digunakan sebagai acuan evaluasi kinerja usaha.
  7. Selain itu Pelaku UMKM juga harus mencari informasi mengenai perkembangan terbaru dalam pengelolaan keuangan UMKM.

Silakan berdiskusi di kolom komentar ya! dan jika Rich People ingin berbagi lebih banyak hal, jangan sungkan untuk berkonsultasi di  damirich.id  ,   GRATIS   bagi anda yang menginginkan solusi praktis tanpa ribet. Yuk langsung saja klik link yang sudah disediakan.

Klik tautan di bawah ini! 

Situs resmi 

Tautan Resmi 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

WordPress Lightbox